SMK BNI
Informasi PPDB

Informasi Pendaftaran


  • Pendaftaran Peserta Didik Baru dibuka mulai tanggal 4 Januari sampai dengan 30 Juli 2016
  • Waktu pendaftaran setiap hari Senin s/d Jum'at pukul 08.00 s/d 17.00 WIB
  • Pendaftaran dapat dilakukan secara online atau datang ke SMK Bina Nasional Informatika

Alamat Pendaftaran


Jl. H. Marzuki No. 123 Teleng, Desa Karang Baru, Kec. Cikarang Utara, Kab. Bekasi - JABAR
Tlp. (021) 89100373, website : ww.smkbni.sch.id, E-mail : ppdb@smkbni.sch.id

Syarat Pendaftaran


  • Membayar formulir pendaftaran Rp. 150.000,-
  • Membayar Uang Pangkal Pertama Rp. 500.000,-
  • Mengisi formulir pendaftaran
  • Menyerahkan surat keterangan sehat dari Dokter
  • Menyerahkan surat keterangan kelakukan baik, tidak terlibat kenakalan remaja dan penyalahgunaan narkoba dari sekolah asal
  • Menyerahkan foto copy raport semester 1 - 5
  • Menyerahkan foto copy sertifikat komputer dan bahasa inggris (jika ada)
  • Menyerahkan foto copy ijazah
  • Menyerahkan foto copy SKHUN
  • Menyerahkan foto copy kartu NISN
  • Menyerahkan foto copy Akta Lahir
  • Menyerahkan foto copy raport yang sudah di legalisir
  • Menyerahkan Surat Pernyataan Siswa
  • Menyerahkan Surat Pernyataan Orang Tua

Prosedur Penerimaan Siswa Baru


A. Ketentuan Umum

  • Penerimaan peserta didik baru pada SMK Bina Nasional Informatika dilakukan melalui seleksi, dengan mengacu pada persyaratan yang telah ditetapkan
  • Kesempatan untuk mengikuti seleksi penerimaan peserta didik baru pada SMK Bina Nasional Informatika terbuka seluas-luasnya bagi peserta didik SMP atau yang sederajat baik negeri ataupun swasta, yang memenuhi persyaratan
  • Pendaftaran dilakukan secara perorangan ke SMK Bina Nasional Informatika
  • Peserta yang dinyatakan lulus seleksi tetapi kemudian tidak lulus dalam Ujian Nasional di SMP (UN/UAS), maka yang bersangkutan dinyatakan batal diterima di SMK Bina Nasional Informatika

B. Seleksi Calon Siswa

  • Seleksi Administrasi
    • Yaitu seleksi dengan menggunakan nilai Raport SMP/Sederajat pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, IPA dan IPS dari semester 1 sampai semester 5
    • Seleksi dilakukan secara online di www.smkbni.sch.id/ppdb
    • Siswa yang lulus seleksi administrasi akan melanjutkan ke tahap berikutnya yaitu tes kemampuan akademik yang dibuktikan dengan Kartu Lulus Tes
  • Tes Kemampuan Akademik (Achievement Test)
  • Tes kemampuan akademik berupa tes tulis yang meliputi mata pelajaran :
    • Bahasa Indonesia
    • Bahasa Inggris
    • Matematika
    • IPA
    • IPS
  • Tes Kemampuan Bahasa Inggris
  • Tes Bahasa Inggris mencakup : Listening, Writing dan Speaking
  • Tes Wawancara dengan Orang Tua dan Calon Siswa

C. Kriteria Penilaian

  • Seleksi nilai raport rata-rata 70
  • Seleksi nilai akademik setiap mata pelajaran adalah 70
  • Seleksi nilai kemampuan bahasa adalah 70

D. Pengumuman Hasil Akhir

Hasil seleksi akhir penerimaan siswa baru SMK Bina Nasional Informatika akan diumumkan pada hari Senin tanggal 27 Juni 2016

E. Prosedur Daftar Ulang

Calon siswa yang dinyatakan diterima di SMK Bina Nasional Informatika harus mendaftar ulang pada tanggal 11 s/d 15 Juli 2016 pada pukul 08.00 s/d 16.00 WIB.

Persyaratan mendaftar ulang adalah :

  • Melampirkan foto copy Ijazah yang sudah dilegalisir
  • Melampirkan foto copy SKHUN yang sudah dilegalisir
SMK BNI
Alur Pendaftaran Online
  • Calon siswa mempersiapkan data-data yang diperlukan, diantaranya NISN (Nomor Induk Siswa Nasional), biodata calon peserta dan orang tua, nilai Raport SMP/MTs Semester 1-5 mata pelajaran (Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, IPA dan IPS)
  • Calon peserta melakukan pendaftaran online (Klik menu Daftar), mengisi form yang data yang telah disiapkan tadi, setelah itu peserta melakukan login
  • Calon Peserta melakukan login dengan menggunakan NISN dan Password yang didapat pada saat melakukan pendaftaran
  • Setelah login calon peserta diharuskan mengisi nilai Raport semester 1-5 mata pelajaran (Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, IPA dan IPS)
  • Calon peserta selanjutnya melakukan pencetakkan BIODATA, Surat Pernyataan, dan Nilai Raport
  • Melakukan verifikasi oleh orang tua/wali calon peserta dengan datang langsung datang ke panitia PPDB Sekolah dengan membawa berkas-berkas
  • Panitia melakukan pengecekan kebenaran dokumen dan seluruh kelengkapan persyaratan calon peserta
  • Setelah melakukan pengecekan, panitia akan mengumumkan calon peserta yang lulus verifikasi dapat mengikuti tes seleksi
  • Bagi yang lulus pada tahap verifikasi, siswa dapat mencetak kartu tes peserta langsung dari website
  • Peserta mengikuti tes yang diadakan oleh pihak sekolah
  • Bagi peserta yang sudah mengikuti tes, informasi hasil seleksi PPDB akan diumumkan pada waktu yang telah ditentukan
SMK BNI